Pelajari Cara Pengisian SPT dari 2 Perusahaan Sekaligus

Pelajari Cara Pengisian SPT dari 2 Perusahaan Sekaligus

Fisco.id – Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara pengisian SPT dari 2 perusaan sekaligus, hal ini tentunya sangat penting untuk anda pelajari agar tidak keliru ketika akan melakukan pengisian SPT yang dilakukan 2 perusahaan sekaligus, mari kita simak dibawah ini.

Perlu anda ketahui terlebih dahulu pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dari 2 perusahaan biasanya dilakukan oleh wajib pajak pribadi, yakni karyawan yang berpindah kerja dalam tahun berjalan masa pajak atau sebelum tahun berakhir. Artinya, karyawan yang dimaksud bekerja pada dua perusahaan berbeda pada tahun yang sama. Sehingga dalam melaporkan pajak penghasilan atau PPh, wajib pajak pribadi ini memiliki 2 SPT dari perusahan berbeda.

Keduanya harus dilaporkan, lantaran SPT tahunan PPh seseorang harus mencakup informasi penghasilan keseluruhan si wajib pajak selama satu tahun penuh. Apabila wajib pajak pindah kerja, maka penghasilan yang harus dilaporkan kepada negara merupakan total penghasilan dari dua perusahaan berbeda tersebut dalam tahun yang sama.

Kenali Jenis SPT Pribadi

Hal yang perlu anda ketahui sebelum mulai pelakukan pengisian sebuah SPT yaitu jenis dari SPT pribadi itu sendiri, Setiap warga negara Indonesia yang sudah memiliki penghasilan merupakan wajib pajak. Sekali pun orang yang bersangkutan tidak terdaftar resmi sebagai pegawai suatu perusahaan atau disebut non-pegawai.

Pemerintah pun membuat beberapa jenis SPT yang diisi oleh wajib pajak pribadi, sesuai kondisi penghasilan dan status kepegawaiannya. Berikut jenis-jenis SPT pajak penghasilan (PPh) yang perlu Anda ketahui:

Dokumen untuk Pembuatan SPT Pribadi

Berikut ini hal yang perlu anda ketahui yaitu menyiapkan dokumen untuk pembuatan SPT pribadi diantaranya bagi yang anda berprofesi sebagai pegawai swasta, dokumen yang perlu dilampirkan adalah Bukti Potong 1721 A1. Sementara bagi pegawai negeri, dokumen yang diperlukan adalah Bukti Potong 1721 A2.

Keduanya berlaku untuk pegawai berpenghasilan di bawah Rp60 juta dengan kode SPT 1770SS (sangat sederhana), maupun pegawai yang penghasilannya di atas Rp60 juta dengan SPT berkode 1770S (sederhana).

Bagi pegawai sebuah perusahaan, baik itu swasta maupun negeri, pembayaran pajak penghasilan biasanya dilakukan oleh pihak perusahaan. Begitu pula pembuatan SPT yang juga difasilitasi oleh perusahaan.

Sehingga tugas pegawai sebagai wajib pajak pribadi tinggal melaporkan pembayaran atau pemotongan pajak penghhasilan tersebut saja. Dengan cara menginformasikan SPT Tahunan Pribadi nya kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Lapor SPT Secara Online Melalui DJP Online

Setelah menyiapkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan, hal selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah melaporkan SPT secara Online melalui DJP Online, dimana hal ini merupakan salah satu cara untuk melaporkan SPT Pribadi.

Cara ini sangat menguntungkan wajib pajak yang tidak ingin melaporkan SPT secara konvensional. Banyak orang meyakini jenis layanan ini lebih mempermudah proses pelaporan pajak dengan waktu yang lebih singkat pula, sehingga menciptakan efisiensi yang lebih.

Aplikasi DJP Online dapat diakses melalui https://djponline.pajak.go.id . Ingat ya, Anda harus memiliki nomor identitas elektronik dari DJP, yang biasa disebut e-FIN (electronic Filing Identification Number) untuk melakukan transaksi elektronik dengan DJP.


Apabila ingin mengetahui dan mengerti informasi tersebut diatas, maka dapat menghubungi FISCO Tax Consultant baik untuk konsultasi maupun membutuhkan jasa konsultan pajak maka kami siap melayani anda dan merespon masalah anda dengan cepat dan akurat. Terimakasih.

Fisco Tax Consultant
Jalan Cianjur No 7 Menteng Jakarta Pusat
Mobile : 021-3911122/3906030/3911166
WA : 0813-8560-0726 (fast respon)
Hp : 0817-0376-4471
Email : info@fisco.id

No Comments

Post a Comment

Open chat
Ada yang bisa dibantu?
Ada yang bisa dibantu?